Toko Perlengkapan Bayi

Toko Perlengkapan Bayi
Toko Perlengkapan bayi

Jumat, 13 September 2013

Agar Anak Mau Bermain Bersama Teman

Agar Anak Mau Bermain Bersama. Anak Anda yang kini menginjak usia lima tahun tampak enggan terlibat dalam permainan bersama teman. Apa sebabnya?


Bermain adalah hidup anak-anak. Tak ada anak yang tidak suka bermain. Jika si lima tahun Anda terlihat tidak tertarik untuk bermain atau terlibat permainan bersama teman-temannya, Anda perlu mencermati.

Mengapa enggan ikut? Biasanya anak tidak tertarik bergabung dalam suatu permainan karena ia merasa kurang berkenan dengan teman-teman bermain. Memang anak usia sekitar lima tahun yang telah mengenal kehidupan berteman, biasanya dapat menentukan teman dengan siapa ia ingin bermain bersama, dan teman mana yang tidak masuk hitungannya. Jadi, keengganannya bergabung mungkin karena ia merasa kurang klop dengan si teman

Kemungkinan lain adalah, jenis permainan yang dimainkan teman-temannya tak lagi menarik baginya. Hal ini bisa terjadi karena ia terlalu sering memainkan permainan tersebut, sehingga kehilangan tantangan. Bisa jadi pula keterampilan si lima tahun jauh di atas tuntutan permainan tersebut, sehingga ia merasa bosan.

Tak cocok dengan teman. Bila anak tampak enggan terlibat dalam suatu permainan anak karena merasa tak cocok dengan temannya, Anda dapat mendorongnya bergabung tanpa memaksa. Pada usia lima tahun, anak memang mulai memilih-milih teman. Jadi, jika ia enggan terlibat dalam suatu permainan, bisa saja karena ia merasa teman-teman yang tengah bermain itu bukan benar-benar teman pilihannya.

Saat bermain ibu-ibuan, misalnya, selain mendorong anak bergabung, Anda pun bisa ikut sebagai salah satu pemainnya. Ketengahkan hal-hal yang dapat membangkitkan minat si lima tahun. Juga, arahkan dia untuk berdialog dengan teman. Jika si lima tahun mulai tampak senang dan bisa menikmati permainan, Anda dapat meninggalkannya perlahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang sopan :)